Home » » Cara agar tidak Grogi atau malu saat presentasi

Cara agar tidak Grogi atau malu saat presentasi


Cara agar tidak Grogi atau malu saat presentasi - Tips supaya tidak nerves ketika berbicara di depan umum akan menjadi topik yang pas dibahas. Presentasi didepan banyak orang bukan merupakan suatu hal yang gamoang atau enteng untuk dilakukan. Bagi orang yang pintar, bukan berarti dia pintar bicara dan menjelaskan apalgi udah otak pas pasan, malu, grogi nervous dan sebagainya tentunya merupakan masalh banyak orang. Selain itu ketidak biasaan berbicara di depan umum akan semakin membuat mental anda down.
Bebebrapa hal yang sering orang fikirkan ketika dia akan presentasi yaitu kesalahan dan rasa malu, bahkan deg - degan saat akan prensentasi dan parahnya lagi hal ini biasa membuat orang yang akan membawakan presentasi tersebut melupakan materi atau poin poin yang akan ia bawakan. 
Untuk masalah ini saya telah membagikan solusi yang tepat yang bisa anda coba jika anda termasuk salah satu dari orang yang mempunyai nilai minus dalam hal presentasi. Tips dibawah ini merupkan tips yang saya rasa cukup membantu agar anda bisa mengatasi rasa malu, takut atau grogi ketika presentasi . Berikut tipsnya beserta videonya.
  • Tips yang pertama yaitu ketika anda presentasi anda cukup menggerakkan tangan anda dan badan anda sehingga membuat anda menikmati materi yang anda bawakan. Semakin banyak gerakan yang anda lakukan maka grogi itu akan tersalurkan dan cepat hilang.
  • Curi waktu. Usahakan awal anda ketika dipanggil maju untuk berbicara usahakan memperlambatkan jalan anda ke panggung agar dan normalkan detak jantung anda saat berjalan keatas panggung. Jalan yang agak melambat akan memberikan kesempatan anda untuk menormalkan detak jantung anda.
  • Tarik nafas secara mendalam ketika hendak memulai. Usahakan anda ketika menyapa peserta dengan ucapan salam dan saat audiens menjawab salam , maka kesempatan ini anda gunkana untuk menarik napas.
  • Senyum salam Sapa peserta, dengan pertanyaan pertanyaan ngobrol kecil. Manfaatkan 2 atau 3 menit untuk perkenalan, dan berkenalan juga dengan beberpa peserta agar anda tidak merasa sendirian.
  • Tips yang terakhir yaitu, jika anda memang baru pertama kali presentasi di hadapan banyak orang ,yah anda boleh mengaku kalau ini pertama kalinya anda berbicara di depan umum dan anda grogi, sampaikan kepada peserta atau audiens kalau anda grogi selain itu audiens menjadi lebih toleran. Hal ini akan menyadarkan audiens kalau anda lagi grogi . Lang sung aja liat videonya dibawah ini agar anda lebih paham ...
Oh iya masih ada satu lagi yang saya lupa ketikkan dari tips diatas . Yaitu anda harus buang air kecil terlebih dahulu sebelum anda berbicara di panggung , sebab nanti anda bisa ngompol kan malu maluin dah heh . Terima kasih

0 komentar:

Posting Komentar

English French German Spain Russian Japanese Arabic Chinese Simplified
Diberdayakan oleh Blogger.